Olahraga

Piala Dunia U-17: Masalah VAR yang tidak transparan

Seharusnya Ekuador, Burkina Faso, dan Maroko mendapat keadilan yang sama di Piala Dunia U-17 2023.

Rabu, 15 November 2023 11:41

Pantauan Video Assistant Referee (VAR) tidak transparan bukan sekali mewarnai kejadian aneh di tengah pertandingan Piala Dunia U-17 2023 hingga Matchday 2, Selasa (14/11). Bukti VAR terkesan disembunyikan, tidak terpampang di layar monitor. Tidak seorang pun pemain, komentator, pemirsa, dan penonton di stadion yang tahu atas dasar apa keputusan wasit membunyikan peluit.  

Pertama, laga antara Indonesia versus Ekuador, Jumat (10/11). Kontroversi terjadi setidaknya tiga kali. Terulang pada pertandingan Prancis kontra Burkina Faso, Minggu (12/11). Terakhir, Maroko lawan Ekuador, Senin (13/11).
 
Sementara di Premier League musim ini Liverpool FC bisa menuntut otoritas Football Association membuka rekaman VAR karena tidak puas dengan keputusan wasit. Saat gol Luis Diaz dinyatakan offside menghadapi Tottenham Hotspur, Sabtu (7/10).

Seharusnya Ekuador, Burkina Faso, dan Maroko mendapat keadilan yang sama di Piala Dunia U-17 2023. Otoritas pertandingan harus mempublikasi rekaman VAR untuk membuktikan bahwa keputusan wasit sudah tepat.

Bertanding lawan Burkina Faso, Minggu (12/11), Prancis diberi dua hadiah penalti kontroversial oleh wasit Fu Ming dari China. Tapi entah semua itu untuk pelanggaran yang bagaimana. Pelatih Burkina Faso, Brahima Traore, sampai dibuat bingung dengan keputusan sang pengadil.

Tim asuhan Traore takluk telak 0-3 tanpa bukti VAR ditunjukkan bahwa pemainnya melanggar lawan. VAR bodong telah "mengotori" kenduri global remaja. Sepak bola masa depan mau dibawa FIFA ke mana?

Arpan Rachman Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait