Olahraga

Tuan rumah Piala Dunia: Untung atau buntung? 

Kenapa Arab Saudi dan negara-negara lainnya ngebet ingin jadi tuan rumah Piala Dunia? 

Senin, 27 Februari 2023 06:38

Setelah sempat simpang siur, Arab Saudi dilaporkan tengah bersiap mengajukan proposal untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Negara kaya minyak itu tengah merayu Mesir dan Yunani untuk jadi tuan rumah bersama. 

Demi memuluskan rencananya, Arab Saudi sempat dikabarkan menunjuk Cristiano Ronaldo sebagai duta besar misi "bidding" Piala Dunia di Arab Saudi. Sejak Januari lalu, pemain berkebangsaan Portugal itu resmi merumput di Liga Arab bersama Al-Nassr. 

Belakangan, kabar itu dibantah petinggi Al Nassr. Mereka menyebut kontrak senilai Rp3,3 triliun per tahun untuk mengikat CR-7 tak mewajibkan adanya komitmen untuk membantu Arab Saudi memenangi penawaran tuan rumah Piala Dunia. 

"Fokus utamanya (Ronaldo) di Al-Nassr dan untuk bekerja sama dengan rekan-rekannya membantu klub ini meraih sukses," tulis pernyataan resmi Al-Nassr yang dirilis pekan lalu.

Tetapi, bukan berarti Arab Saudi tak serius memburu kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Awal Februari lalu, Politico melaporkan penguasa de facto Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) telah bertemu Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis untuk membahas rencana menjadi tuan rumah bersama di Piala Dunia. 

Christian D Simbolon Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait