Olahraga

Ujung sepatu Haller angkat Piala Afrika 2023: Rada mirip Indonesia

Gasset, pelatih Prancis berusia 70 tahun yang dipecat setelah penyisihan grup, tampak tidak paham kekuatan skuadnya sendiri.

Senin, 12 Februari 2024 17:37

Pantai Gading bernasib rada mirip Indonesia. Pantai Gading tampil di Piala Afrika 2023, Indonesia datang ke Piala Asia 2023. Ada nuansa kesamaan dan perbedaannya. Sama-sama, kedua tim kalah dua kali di fase grup. Mereka lolos dari lubang jarum, menempati posisi buncit dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Bedanya, Pantai Gading langsung memecat pelatihnya, Jean-Louis Gasset. Akhirnya mereka menjadi juara. Indonesia tidak memberhentikan Shin Tae-yong, selanjutnya kalah memalukan dari Australia.  

Lebih dari itu, Pantai Gading patut disebut 'zombi' daripada tim negara mana pun di dunia ini. Tuan rumah memenangkan AFCON untuk ketiga kalinya, Senin (12/2) dini hari WIB.

Tidak ada tim yang memenangkan turnamen besar setelah kalah dua kali. Tapi hanya tim berjuluk The Elephants saja satu-satunya. Di Grup A Piala Afrika 2023, mereka tunduk dari Nigeria 0-1 dan Guinea Khatulistiwa 0-4.

Gasset sang pelatih langsung dipecat. Nasib mereka di ujung tanduk, tergantung pada laga Ghana versus Mozambik. Seandainya Ghana imbang atau menang, Pantai Gading tersingkir dari turnamen. Ghana bahkan unggul 2-0 hingga waktu normal selesai. Mozambik secara ajaib memperkecil skor lewat penalti di menit 90+1. Akhirnya berhasil mengimbangi Ghana tiga menit kemudian.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait