Pemilu

Adu kuat politikus gaek di Pilgub Kalbar 2024

Mantan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan Ketua DPD PDI-Perjuangan Kalbar Lasarus siap maju di Pilgub Kalbar 2024.

Minggu, 12 Mei 2024 16:43

Mantan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan resmi maju sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Kalimantan Barat (Kalbar) 2024. Muda menggandeng Ketua DPD Hanura Suyanto Tanjung sebagai pendampingnya di Pilgub Kalbar. Meski punya wakil kader parpol, Muda maju lewat jalur perseorangan. 

"Dalam persepsi hari ini, jalur independen ini kan sebenarnya bukan berhadapan dengan partai politik (parpol) melainkan ini merupakan suatu jalur untuk bisa memberikan ruang bahkan bisa berkoalisi bersama parpol," ucap Muda kepada wartawan saat mengembalikan berkas penjaringan ke DPD Partai Hanura Kalbar, Sabtu (11/5). 

Muda tak asing dengan jalur independen atau perseorangan. Pria kelahiran 17 Agustus 1970 itu sudah dua kali memenangkan Pilbup Kubu Raya lewat jalur perseorangan. Kubu Raya dimekarkan dari Kabupaten Pontianak pada 2007.

Bersama Suyanto, Muda optimistis bisa memenangi Pilgub Kalbar. Menurut Muda, berbasis survei yang ia gelar, Suyanto ialah salah satu sosok yang paling berpengaruh di kawasan timur Kalbar. "Pak Suyanto Tanjung ini merupakan satu dari enam orang yang saya pilih," kata Muda. 

Langkah Muda tak akan mudah. Pasalnya, Muda bakal menantang petahana Gubernur Kalbar Sutarmidji yang dipastikan akan kembali mencalonkan diri. Politikus gaek kelahiran 29 November 1962 itu sudah mendaftarkan diri ke sejumlah parpol. Bang Midji, sapaan akrab Sutarmidji, rencananya bakal kembali menggandeng Ria Norsan sebagai pendamping. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait