Pemilu

Bursa dan peta elektabilitas kandidat di Pilwalkot Semarang

Elektabilitas para kandidat di Pilwalkot Semarang belum ada yang menyentuh 20%.

Minggu, 02 Juni 2024 18:15

Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2024 kian memanas setelah sejumlah sosok masuk ke bursa kandidat. Selain petahana Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, anggota DPR RI sekaligus politikus Demokrat Yoyok Sukawi dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin digadang-gadang bakal meramaikan Pilwalkot Semarang. 

Yoyok sudah mengantongi tiket dari Demokrat untuk maju di Pilwalkot. Saat ini, CEO Persatuan Sepakbola Indonesia Semarang (PSIS) itu  sedang melakukan penjajakan ke sejumlah partai, seperti Gerindra, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Merujuk survei Y-Publica yang digelar pada 12-20 Mei 2024, tercatat ada empat nama yang meraih elektabilitas cukup tinggi dalam persaingan merebut kursi Wali Kota Semarang, yakni Havearita (14,2 persen), Iswar Aminuddin (12,5 persen), Ade Bhakti Ariawan (9,2 persen) dan Yoyok Sukawi (6,6 persen).

Sementara di tataran calon Wakil Wali Kota, nama Ade mengantongi elektabilitas paling tinggi dengan 14,2 persen, dibayangi Iswar Aminuddin dengan 10,6 persen, dan Amaz Agung Andrarasmara sebesar 9,2 persen. Posisi keempat diisi oleh Supriyadi dengan elektabilitas sebesar 6,6 persen.

Dalam surveinya, Y-Publica ini menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel sebesar 800 responden, mewakili 16 kecamatan di Kota Semarang. Margin of error (toleransi kesalahan) dalam survei ini adalah 3,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait