Pemilu

Debat capres/cawapres tak signifikan pengaruhi elektabilitas

Perubahan elektabilitas hanya di kalangan swing voters saja. Yaitu, pemilih yang belum menentukan pilihan.

Rabu, 03 Januari 2024 17:19

Debat calon wakil presiden (cawapres) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu, memicu Polling Institute untuk melakukan survei. Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran masih memuncaki survei elektabilitas bahkan dalam kategori wilayah, yakni sebesar 46,2%.

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim mengaku, angka ini tidak naik signifikan jika dibandingkan dengan survei periode 15-19 Desember 2023 yang mencapai 46,1%. Timnya melakukan penelitian ini pada periode 26-28 Desember 2023.

"Pasangan Prabowo-Gibran unggul dihampir setiap kelompok masyarakat, kecuali pada kelompok etnis Minang dan wilayah DKI Jakarta," katanya dalam siaran daring, Rabu (3/1).

Sedangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, menyusul di urutan kedua, dengan elektabilitas 24,6%. Angka tersebut naik 2% dari survei periode 15-19 Desember 2023.

Sementara, untuk pasangan Ganjar-Mahfud berada di angka 21,3% atau meningkat 0,8% dibandingkan survei periode sebelumnya. Menurut Kennedy, kenaikan angka elektabilitas baik Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin berasal dari swing voters atau pemilih yang belum menentukan pilihannya.

Immanuel Christian Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait