Pemilu

Debat soal kebudayaan, Ganjar singgung Butet Kertaredjasa

“Kalau lah mereka kemudian berekspresi, pemerintah enggak perlu takut. Masak takut sama pentasnya Butet."

Minggu, 04 Februari 2024 23:13

Saat sesi debat kelima Pilpres 2024 yang mengangkat tema kebudayaan, calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyinggung pementasan seniman Butet Kertaredjasa. Menurutnya, pemerintah tak perlu takut dengan ekspresi seni para seniman dan budayawan.

“Kalau lah mereka kemudian berekspresi, pemerintah enggak perlu takut. Masak takut sama pentasnya Butet (Kertaredjasa),” ujar Ganjar di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Minggu (4/2).

Sebelumnya, Butet dilaporkan oleh ormas Projo DI Yogyakarta atas dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Laporan itu buntut dari orasi dan pantun yang disampaikan Butet dalam acara kampanye Ganjar di Alun-alun Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta pada Minggu (28/1).

Butet dianggap sudah menghina Jokowi usai menyamakannya dengan binatang. Ia diduga melanggar Pasal 315 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP.

Lebih lanjut, Ganjar menekankan, pemerintah memang mesti dikritik dan harus waras. “Pemerintah mesti dalam track, dan biarkan mereka mengekspresikan dengan seninya, dengan karakternya, dengan budayanya,” tutur Ganjar.

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait