Pemilu

Tren kader parpol di bursa kandidat Pilgub DKI Jakarta

Eks petahana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya jadi calon alternatif dari PKS.

Selasa, 07 Mei 2024 18:41

Bursa kandidat calon gubernur DKI Jakarta 2024 terus memanas. Kemungkinan tak diikuti eks petahana Anies Baswedan, nama kader-kader dari internal parpol mencuat sebagai kandidat. Mayoritas nama calon ialah pemenang Pileg 2024, baik sebagai caleg DPRD maupun DPR RI di dapil-dapil Jakarta. 

Di Partai Amanat Nasional (PAN), setidaknya ada tiga nama masuk dalam bursa kandidat, yakni Eko Hendro Purnomo, Sigit Purnomo Said atau yang juga akrab disapa Pasha Ungu, dan Zita Anjani. Pada Pileg 2024, Eko kembali lolos ke Senayan dari dapil DKI I, sedangkan Pasha melenggang dari dapil DKI II. Adapun Zita Anjani kembali berkantor di DPRD DKI Jakarta. 

Gerindra mengusulkan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati. Riza gagal melenggang ke Senayan, sedangkan Rahayu lolos ke DPR RI dari dapil DKI III. Serupa, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusulkan sejumlah nama pemenang Pileg 2024 dari dapil DKI. Salah satunya ialah Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. 

Adapun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan PDI-Perjuangan, dua parpol penguasa DKI Jakarta saat ini, belum mengumumkan nama kandidat. Namun, keduanya juga berencana mengusung kader internal. Khusus di PDI-P, Tri Rismaharini dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok digadang-gadang bakal dicalonkan sebagai kandidat. 

Tak jauh berbeda, Golkar sudah menugaskan tiga kadernya untuk maju di Pilgub DKI Jakarta, yakni eks Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil, Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmad Zaki, dan Waketum Golkar Erwin Aksa. Ridwan Kamil juga diberikan mandat untuk maju di Pilgub Jawa Barat 2024. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait