Pemilu

KIM, keluarga Jokowi, dan PDI-P di Pilwalkot Solo 2024

Saat ini, sudah ada dua kandidat yang potensial diusung jadi calon Wali Kota Solo.

Jumat, 07 Juni 2024 12:02

Nama-nama kandidat di Pilwalkot Solo 2024 mulai mengerucut. Sejauh ini, sudah ada dua sosok yang potensial diusung, yakni petahana Wakil Walikota Solo sekaligus sekretaris DPC PDI-Perjuangan Kota Solo Teguh Prakosa dan Ketua DPD Golar Kota Solo, Sekar Krisnauli Tandjung. 

Teguh sudah mengantongi tiket maju di Pilwakot Solo dari PDI-Perjuangan sejak Mei 2024, sedangkan Sekar sudah resmi mendaftar sebagai bacalon di Golkar, Gerindra, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sekar ialah putri putri politikus senior Golkar, Akbar Tandjung.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep juga digadang bakal maju di Pilwalkot Solo 2024. Nama Ketua Umum PSI itu muncul sebagai salah satu kandidat pilihan warga Solo dalam survei yang digelar Solo Raya Polling, Maret lalu. Solo merupakan kota kelahiran Jokowi. 

Analis politik Citra Institute, Yusak Farchan menilai Pilwalkot Solo bakal jadi medan pertarungan antara PDI-P dan Koalisi Indonesia Maju, koalisi parpol pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) di Pilpres 2024. Tak tertutup kemungkinan Jokowi juga cawe-cawe dengan mengirimkan kandidat. 

Saat ini, Solo masih dipimpin Gibran, putra sulung Jokowi. Meski begitu, Yusak memandang PDI-P yang paling potensial memenangkan Pilwalkot Solo. Selain mendominasi parlemen, partai berlambang banteng itu juga punya sosok Teguh Prakoso yang berstatus sebagai petahana. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait