Pemilu

Menakar komitmen kandidat pangkas kemiskinan dan kerek kesejahteraan

Kesejahteraan sosial bakal jadi salah satu topik utama yang diperdebatkan para capres dalam debat terakhir Pilpres 2024.

Rabu, 31 Januari 2024 06:10

Kesejahteraan sosial bakal menjadi salah satu isu krusial yang dibahas para kandidat di debat pamungkas Pilpres 2024, Ahad (4/2) nanti. Sebagaimana tertulis dalam dokumen visi-misinya, masing-masing kandidat sudah punya strategi khusus untuk mendongkrak kesejahteraan rakyat jika memenangi Pilpres 2024. 

Juru bicara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Billy David Nerotumelina mengatakan pasangan jagoannya sudah punya formula 28 Simpul Kesejahteraan Sosial. Sederhananya, AMIN telah merencanakan banyak program untuk mendongkrak kesejahteraan 28 jenis kelompok masyarakat. 

"Simpul kesejahteraan ini kami sebut sebagai agenda khusus. Agenda khusus ini merupakan sebuah janji politik yang diturunkan menjadi program kerja kepada segmentasi masyarakat terkait," ucap Billy kepada Alinea.id di Jakarta, belum lama ini. 

Tertulis dalam dokumen visi-misinya, kelompok masyarakat yang disasar AMIN semisal petani, nelayan, peternak, lansia, pekebun sawit, perempuan, serta seniman dan budayawan. Ada pula program-program yang didesain untuk pelaku usaha besar, investor dan pelaku keuangan, serta gen Z dan milenial. 

Untuk kelompok petani, misalnya, pasangan AMIN menjanjikan sejumlah hal, semisal pupuk murah, kepastian pembelian hasil panen, minimalisasi impor pangan, perbaikan jalan desa, pembangunan sistem irigasi, kemudahan bantuan bibit, serta bantuan permodalan. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait