Pemilu

Pilgub Banten 2024: Siapa mampu menekuk Airin? 

Disokong mesin politik Golkar dan dinasti politik yang mengakar kuat, Airin potensial memenangi Pilgub Banten 2024.

Jumat, 29 Maret 2024 12:46

Setelah memastikan satu kursi anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Banten III untuk Partai Golkar, mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany bakal kembali turun ke gelanggang politik lokal. Jika tidak ada aral melintang, Airin hampir pasti diusung Golkar untuk maju menjadi calon Gubernur Banten. 

Sekretaris DPD Partai Golkar Banten Bahrul Ulum mengatakan Airin sudah mengantongi surat penugasan dari parpolnya untuk maju di Pilgub Banten 2024. Partai berlambang pohon beringin itu kini tengah mencari pendamping yang tepat bagi Airin. 

"Sesuai dengan penugasan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Ibu Airin harus kembali fokus menghadapi Pilkada Banten. Tentu kami akan berkoalisi, termasuk mencari bakal calon wakil gubernur," kata Bahrul kepada wartawan, Selasa (26/3)

Diusung usai Pileg 2024, Airin punya modal kuat untuk memenangi kontestasi politik. Mengantongi 302.878 suara, Airin merupakan caleg DPR RI dengan raihan suara terbesar di seluruh Banten. Secara nasional, Airin termasuk dalam jajaran lima besar caleg dengan raupan suara terbesar. 

Tak hanya itu, Airin juga bakal ditopang mesin partai Golkar yang sedang dalam performa terbaiknya di Banten. Pada Pileg 2024, Golkar muncul jadi pemenang dengan raihan 932.670 suara atau setara 14 kursi di DPRD Banten. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait