Pemilu

Babak baru Pilgub DKI: Kaesang disiapkan Jokowi, Anies dilirik PDI-P

Bursa kandidat Pilgub DKI Jakarta masih sangat dinamis. Anies dan Ahok berpeluang diusung.

Rabu, 05 Juni 2024 11:53

Sejumlah nama mulai masuk bursa kandidat PDI-Perjuangan untuk dicalonkan di Pilgub DKI Jakarta 2024. Sekretaris PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan tak menutup kemungkinan bakal mengusung sosok di luar kader internal, termasuk di antaranya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Adapun dari internal parpol, menurut Hasto, muncul usulan untuk sejumlah kader yang kini menjabat sebagai menteri Jokowi, semisal Sekretaris Kabinet (Setkab) Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menpan-RB Abdullah Azwar Anas. 

Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga masuk dalam bursa kandidat dari PDI-P. 

"Semua akan dilakukan kajian dengan saksama untuk mencari pemimpin yang terbaik, termasuk Anies, misalnya," ujar Hasto kepada wartawan usai menghadiri kuliah umum di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Senin (3/6). 

Tak hanya PDI-P, Anies juga dibidik oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), parpol penguasa DKI saat ini. Selain Anies, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera digadang-gadang bakal didorong untuk maju jadi kandidat. Mardani punya pengalaman jadi ketua tim kampanye Anies-Sandi di Pilgub DKI 2017. 

Immanuel Christian Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait