Pemilu

Pilkada 2024: Adu kuat parpol besar amankan lumbung suara

Parpol-parpol kecil hanya bakal jadi penggembira di Pilkada 2024.

Senin, 18 Maret 2024 09:37

Meskipun hasil resmi Pemilu 2024 belum dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, sejumlah parpol mulai memanaskan mesin politik untuk menghadapi pilkada serentak yang bakal digelar pada November mendatang. Sosok-sosok populer pun mulai dibidik untuk didorong maju menjadi kandidat di pentas pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota. 

Golkar curi start dengan menugaskan 1.024 kadernya untuk maju di pilkada. Seiring itu, survei elektabilitas juga bakal digelar demi memastikan kader-kader Golkar yang maju punya potensi untuk memenangkan pertarungan elektoral. 

"Hari ini kita sudah mempersiapkan untuk pilkada ke depan. Jadi Partai Golkar sudah mengeluarkan lebih dari 1.040 penugasan untuk bupati, wali kota, gubernur," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam jumpa pers di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Minggu (10/3). 

Airlangga tidak merinci siapa saja kader yang bakal diusung. Namun, ia tak menutup peluang bagi Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) untuk kembali maju di Pilgub Jawa Barat atau berlaga di Pilgub DKI Jakarta.

"Kita akan melihat kelanjutan daripada mekanisme pilkada nanti. Dalam tiga-empat bulan ke depan, Partai Golkar akan berkonsentrasi ke sana," ujar Airlangga. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait