Pemilu

Residu pilpres di Pilwalkot Surabaya 2024

Gerindra digadang-gadang bakal menurunkan Ahmad Dhani. PDI-P mempertahankan duet petahana Eri Cahyadi-Armuji.

Senin, 20 Mei 2024 12:07

Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Surabaya 2024 diprediksi bakal jadi ajang pertarungan politik yang sengit antara PDI-Perjuangan dan Gerindra. Selain kuat di parlemen lokal, kedua parpol tersebut juga sudah punya kader yang potensial diusung maju jadi calon wali kota Surabaya.

Gerindra digadang-gadang bakal menduetkan pentolan grup musik Dewa 19 Ahmad Dhani dengan kader Golkar yang juga Ketua Pro Jokowi (Projo) Jatim Bayu Airlangga. Di lain kubu, PDI-P bakal kembali menduetkan pasangan petahana Eri Cahyadi-Armuji. 

Direktur Eksekutif Trias Politika Agung Baskoro menilai sosok Ahmad Dhani merupakan pilihan realistis bagi Gerindra. Selain dikenal publik secara luas dan dekat dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Dhani juga sudah punya basis konstituen di Jatim. Modal itu mampu mengimbangi kekuatan PDI-P di Kota Pahlawan, julukan Surabaya. 

"Dalam beberapa hal, Ahmad Dhani juga turut berkeringat memenangkan Prabowo-Gibran. Secara institusional, Gerindra wajar ingin menjagokan kadernya agar dapat mengimbangi pengaruh PDI-P yang sangat kuat di Surabaya," ucap Agung kepada Alinea.id di Jakarta, belum lama ini.

Dhani telah jadi kader Gerindra sejak 2018. Meskipun kini menetap di Jakarta, Dhani lahir di Surabaya. Pada Pileg 2024, Dhani berhasil lolos menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Surabaya-Sidoarjo setelah mengoleksi 134.227 suara.

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait