Pemilu

Saat birokrat meramaikan gelanggang Pilkada 2024

Kalangan birokrat jadi pilihan realistis bagi parpol pada Pilkada Serentak 2024.

Kamis, 30 Mei 2024 12:30

Sejumlah tokoh dari kalangan birokrasi di daerah mulai menjadi incaran partai politik untuk diusung sebagai calon kepala daerah. Di Depok, Jawa Barat, misalnya, Sekda Kota Depok Supian Suri dikabarkan selangkah lagi jadi kader Partai Gerindra. 

Supian menjajaki kemungkinan berbaju Gerindra setelah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan Sekda Kota Depok. Mengantongi dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN), PDI-Perjuangan, dan sejumlah parpol lainnya, ia berniat maju jadi calon Wali Kota Depok di Pilkada Serentak 2024. 

Di Salatiga, nama pelaksana jabatan Wali Kota Salatiga Sinoeng Rachmadi muncul di bursa kandidat Pilwalkot Salatiga 2024. Sinoeng telah mengajukan pengunduran diri dari posisinya sebagai Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.  

Sinoeng digadang-gadang bakal diusung PDI-Perjuangan sebagai kandidat Wali Kota Salatiga. Saat menjabat sebagai Wali Kota Salatiga, tepatnya pada akhir Agustus lalu, Sinoeng pernah kedapatan menghadiri rapat koordinasi yang digelar DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) di Hotel Padma, Kota Semarang, Jateng, 

Di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sidrap digaet NasDem untuk mendampingi Syaharuddin Alrif di Pilbup Sidrap. Di Kotawaringin Timur (Kotim), para birokrat juga bermunculan jadi kandidat, mulai dari Sekda Kotim Fajrurrahman, Kadis Lingkungan Hidup Kotim Machmoer, dan amat Parenggean, Siyono. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait