Pemilu

Skenario duel Gerindra vs Golkar di Pilgub Jabar 

Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi bersaing ketat di papan survei Pilgub Jabar 2024.

Senin, 13 Mei 2024 12:37

Nama mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi terus menguat sebagai pesaing mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2024. Elite-elite politik lokal mulai memperhitungkan Dedi sebagai kandidat yang potensial mengalahkan RK dalam kontestasi elektoral lima tahunan itu.

Teranyar, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2018- 2023, Uu Ruzhanul Ulum mengunjungi kediaman Dedi Mulyadi di Lembur Pakuan, Desa Sukasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Sabtu, (11/5). Usai pertemuan itu, keduanya mengaku tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi atau bahkan berpasangan dalam Pilgub Jabar. 

Kekuatan elektoral Dedi juga terekam di papan survei. Hasil sigi Lembaga Studi Visi Nusantara Maju (LS Vinus) yang dirilis pada 8 Mei 2024 menunjukkan tingkat keterpilihan Dedi di Pilgub Jabar mencapai 12,5%, terpaut tipis dari RK yang memperoleh 15,25%. 

RK dan Dedi jauh mengungguli kandidat-kandidat lain, semisal mantan Kapolda Metro Jaya Mochammad Iriawan alias Iwan Bule yang meraup 3,25% dan eks Wali Kota Bogor Bima Arya dengan tingkat keterpilihan sebesar 2,75%.

Analis politik dari Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo berpendapat duel politik antara Golkar dan Gerindra potensial tersaji di Pilgub Jabar. Selain ditopang mesin politik yang andal, keduanya juga punya figur yang layak diusung jadi calon gubernur Jabar. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait