Namun kata DBS, konsumsi masyarakat justru meningkat, karena banyak pelaku bisnis yang memberikan promosi pada momentum pemilu.
Praxis sebagai agensi public relations (PR) dan public affairs (PA), menggelar survei independen yang bertujuan untuk mengetahui “Persepsi Masyarakat Terhadap Pemilu 2024 dan korelasinya dengan pertumbuhan ekonomi”.
Survei ini dilakukan pada 14-17 Juli 2023 kepada 1.108 responden dengan rentang usia 17 sampai 45 tahun di 12 kota besar di Indonesia. Didukung oleh Public Affairs Forum Indonesia (PAFI), survei ini menghasilkan beberapa temuan menarik
Director of Public Affairs Praxis PR dan Wakil Ketua Umum Public Affairs Forum Indonesia (PAFI) Sofyan Herbowo mengatakan, di #PraxiSurvey ini, pihaknya ingin menggali lebih dalam mengenai persepsi masyarakat terhadap Pemilu 2024 dan hubungannya dengan pertumbuhan ekonomi.
"Saya percaya temuan menarik dari survei ini dapat mendorong masyarakat untuk bijak dalam menggunakan hak pilihnya sehingga ekosistem demokrasi yang sehat dapat terjaga,” kata dia dalam keterangan resminya, Kamis (3/8).
Hasil survei menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga responden ragu pemilu dapat berdampak nyata terhadap perekonomian masyarakat. Sedangkan 34,84% mengaku setuju, dan 26,26% tidak setuju.