Peristiwa

NASA prediksi permukaan laut di Kepulauan Pasifik akan naik 15 cm dalam 30 tahun ke depan

NASA juga membuat peta yang menunjukkan wilayah mana di berbagai negara Kepulauan Pasifik yang akan rentan terhadap banjir pasang.

Kamis, 26 September 2024 09:35

Negara-negara Kepulauan Pasifik diperkirakan akan mengalami kenaikan permukaan laut setidaknya 15 sentimeter dalam 30 tahun ke depan. Dikatakan juga bahwa kenaikan ini akan terjadi terlepas dari apakah emisi gas rumah kaca berubah dalam beberapa tahun mendatang.

Analisis oleh tim sains perubahan permukaan laut NASA mengatakan tim perubahan permukaan lautnya melakukan analisis wilayah ini atas permintaan beberapa negara Kepulauan Pasifik, termasuk Tuvalu dan Kiribati, dan dalam koordinasi erat dengan Departemen Luar Negeri AS.

NASA juga membuat peta yang menunjukkan wilayah mana di berbagai negara Kepulauan Pasifik yang akan rentan terhadap banjir pasang - atau dikenal sebagai banjir gangguan atau banjir hari cerah - pada tahun 2050-an.

Hal ini terjadi setelah Aliansi Negara-negara Kepulauan Kecil minggu ini mengeluarkan deklarasi yang menyatakan bahwa mereka tidak akan kehilangan hak-hak mereka berdasarkan hukum internasional, terlepas dari kenaikan permukaan laut.

Nadya Vinogradova Shiffer, yang mengarahkan program fisika laut untuk Divisi Ilmu Bumi NASA, mengatakan alat banjir baru NASA menunjukkan seperti apa potensi peningkatan frekuensi dan tingkat keparahan banjir dalam beberapa dekade mendatang bagi masyarakat pesisir di negara-negara Kepulauan Pasifik.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait