Peristiwa

Ancaman konflik saat IKN dijaga Komcad

Prabowo semestinya belum berwenang memobilisasi personel Komcad.

Senin, 16 September 2024 12:16

Sebanyak 500 warga sipil dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara dilantik sebagai anggota komponen cadangan (Komcad) yang baru oleh Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto, awal September lalu. 

Berada di bawah Kodam VI/Mulawarman, ratusan personel Komcad baru itu bakal ditugasi untuk menjaga Ibu Kota Nusantara (IKN). Prabowo berdalih keberadaan komponen cadangan merupakan bagian dari strategi pertahanan berlapis untuk menjaga kedaulatan NKRI.

"Pembentukan komponen cadangan di Kodam VI/Mulawarman merupakan upaya membangun pertahanan negara di wilayah Pulau Kalimantan sekaligus membantu mengamankan Ibu Kota Nusantara," kata Prabowo seperti dikutip dari Antara, Rabu (11/9)

Komcad merupakan mandat dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Sejak 2021 hingga September 2024, tercatat sudah ada 9.074 warga sipil yang direkrut dan dilatih sebagai anggota Komcad.

Komcad dimobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR. Saat dimobilisasi, personel Komcad berstatus sebagai kombatan dan yang harus tunduk pada aturan-aturan militer. Status itu tak berlaku saat personel Komcad tak dipanggil negara. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait