Peristiwa

Anggota senior partai berkuasa Myanmar meninggal di penjara

Zaw Myint Maung sering dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Mandalay dari penjara Obo untuk dirawat karena kondisinya.

Senin, 14 Oktober 2024 16:05

Zaw Myint Maung, anggota senior partai berkuasa Myanmar yang ditangkap selama pengambilalihan militer tahun 2021, meninggal pada hari Senin saat menjalani hukuman penjara yang dianggap bermotif politik. Ia berusia 72 tahun.

Ia adalah rekan dekat pemimpin yang digulingkan Aung San Suu Kyi dan juru bicara partai Liga Nasional untuk Demokrasi miliknya. Ia pernah menjabat sebagai wakil presiden kedua dan kepala menteri wilayah Mandalay sebelum tentara mengambil alih kendali pemerintahan pada tahun 2021, menangkapnya, Suu Kyi, dan banyak anggota penting partai NLD dan pemerintahannya.

Zaw Myint Maung telah dipenjara setidaknya dua kali di bawah pemerintahan sebelumnya karena aktivitas politiknya.

Ia menderita leukemia sejak tahun 2019. Kematiannya dikonfirmasi oleh Tun Kyi, seorang rekan partai dari Mandalay, dan seorang teman lainnya, yang bersikeras untuk tidak disebutkan namanya karena takut dihukum oleh pihak berwenang.

Dalam pernyataan belasungkawa, Pemerintah Persatuan Nasional, kelompok oposisi bayangan utama yang menentang kekuasaan militer, memuji Zaw Myint Maung karena "berkomitmen teguh pada tujuan demokrasi, berjuang bersama rakyat dan kekuatan demokrasi lainnya untuk membongkar kediktatoran militer." 

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait