Peristiwa

Mahasiswa temukan artefak langka dari era Viking di Denmark

Penemuan tersebut dilakukan awal tahun ini oleh seorang mahasiswa arkeologi berusia 22 tahun yang dipersenjatai dengan detektor logam.

Selasa, 20 Agustus 2024 13:24

Seorang mahasiswa arkeologi menemukan tumpukan harta karun Viking yang langka, termasuk gelang perak kuno, di Denmark awal tahun ini. Diduga barang-barang itu dikuburkan seseorang untuk disembunyikan, namun tidak pernah diambil lagi.

Salah satu gelang – yang berasal dari abad kesembilan – terinspirasi oleh model Rusia atau Ukraina sementara yang lain berjenis Skandinavia yang kemudian memengaruhi gelang di Irlandia.

Timbunan harta karun itu ditemukan di dekat Aarhus, dan menunjukkan bagaimana kota kedua Denmark itu terhubung "dengan Timur dan Barat," kata sejarawan Kasper Andersen, dari Museum Moesgaard di kota itu, kepada AFP, Senin (19/8).

"Ini adalah spesimen awal, dan ini membantu kita memahami lebih baik bagaimana bangsa Viking di bagian Skandinavia ini beroperasi di dunia global, dari Asia barat hingga Atlantik Utara," tambahnya.

Pada puncak kejayaannya, jaringan perdagangan Viking membentang dari Greenland dan pinggiran Amerika Utara hingga Turki dan Asia Tengah.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait