Peristiwa

AS peringatkan Israel tak gempur Lebanon seperti di Gaza

Biden juga telah memperingatkan Israel agar tidak mencoba menargetkan fasilitas nuklir Iran.

Kamis, 10 Oktober 2024 15:53

Amerika Serikat tidak mau mengamini, setidaknya di publik, pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa Israel akan menjadikan Lebanon menderita seperti Gaza. Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendesak sekutunya itu untuk tidak melakukan aksi militernya seperti di wilayah Palestina yang terkepung itu.  

Komentar tersebut muncul setelah panggilan telepon antara Netanyahu dan Joe Biden, yang pertama dalam tujuh minggu. Gedung Putih mengatakan Biden memberi tahu Netanyahu untuk "meminimalkan bahaya" bagi warga sipil di Lebanon, khususnya di "daerah padat penduduk di Beirut".

"Tidak boleh ada jenis aksi militer di Lebanon yang terlihat seperti Gaza dan menghasilkan hasil yang mirip dengan Gaza," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller.

Netanyahu mengatakan dalam sebuah pidato video kepada rakyat Lebanon pada hari Selasa: "Anda memiliki kesempatan untuk menyelamatkan Lebanon sebelum jatuh ke jurang perang panjang yang akan menyebabkan kehancuran dan penderitaan seperti yang kita lihat di Gaza."

"Bebaskan negara Anda dari Hizbullah sehingga perang ini dapat berakhir," tambahnya.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait