Peristiwa

Bagaimana dampak hubungan India-Kanada terhadap perdagangan dan imigrasi

India membalas dengan marah, menyebut perilaku Trudeau tidak sopan dan menuduh Kanada tidak memberikan bukti untuk mendukung tuduhannya.

Jumat, 18 Oktober 2024 11:31

Setelah tuduhan mengejutkan dari pejabat Kanada minggu ini - bahwa agen pemerintah India terkait dengan  pembunuhan dan pemerasan aktivis kemerdekaan Sikh yang merupakan warga negara Kanada - hubungan diplomatik kedua negara mencapai titik terendah.

Perpecahan itu kini menimbulkan pertanyaan mengenai dampaknya terhadap hubungan perdagangan dan imigrasi yang mendalam antara India dan Kanada.

Perdagangan bilateral bernilai miliaran dolar, dan Kanada merupakan rumah bagi hampir 1,7 juta orang asal India.

Menurut para ahli seperti dikutip BBC, putusnya hubungan pada tingkat ini adalah wilayah yang belum dipetakan, dan sebagian besar dari apa yang terjadi selanjutnya akan bergantung pada bagaimana mereka memilih untuk melangkah maju.

Tidak ada negara yang mengenakan tarif atau bentuk pembalasan ekonomi lainnya, tetapi para ahli memperingatkan bahwa hal ini dapat berubah, dan bahwa hubungan yang mendingin antara India dan Kanada dapat menghambat pertumbuhan ekonomi lebih lanjut.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait