Peristiwa

Sirene reklamasi teluk Jakarta dari Ridwan Kamil

RK disebut-sebut berniat melanjutkan proyek reklamasi teluk Jakarta yang terhenti pada era pemerintahan Anies Baswedan.

Kamis, 03 Oktober 2024 14:29

Calon gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil berniat mengaudit proyek reklamasi teluk Jakarta jika terpilih jadi gubernur dalam Pilgub DKI. RK membuka peluang menjadikan reklamasi bagian dari proyek tanggul laut berbasis kawasan di pesisir utara Jakarta. 

Selain dinilai dapat mencegah tenggelamnya Jakarta, RK berpandangan rencana itu memberikan alternatif untuk membangun ibu kota di kawasan utara. Kawasan utara Jakarta diincar karena kawasan lain sudah sulit dikembangkan. 

"Kalau ke selatan sudah tidak mungkin karena ketemu Bogor, di timur ada Bekasi dan seterusnya. Jakarta utaranya adalah laut dan ini memungkinkan untuk dikembangkan dengan catatan harus memerhatikan lingkungan dan keadilan sosial," kata RK saat mengunjungi Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Senin (30/9) lalu.

Reklamasi dihentikan pada era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2018, tentang Pembentukan, Organisasi, dan Tata Kerja Badan Koordinasi Pengelolaan Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Penghentian reklamasi merupakan salah satu janji politik Anies saat berkampanye.

Ketika itu, Anies berpandangan proyek reklamasi di pesisir utara Jakarta merugikan masyarakat sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Selain itu, limbah proyek reklamasi juga dinilai bakal merusak lingkungan. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait