Peristiwa

India disalahkan atas banjir besar di Bangladesh

Perlu disebutkan di sini, Bangladesh saat ini sedang mengalami krisis politik dan telah melihat peningkatan sentimen anti-India.

Jumat, 23 Agustus 2024 13:48

Ketika banjir besar di Bangladesh berdampak pada hampir 1,8 juta orang dan mengakibatkan lima kematian, rumor mulai beredar yang menyalahkan India atas dibukanya Bendungan Dumbur di Sungai Gumti di Tripura sebagai penyebab banjir besar tersebut.

Pada hari Kamis (22/8), India dengan tegas menolak tuduhan Bangladesh tersebut, dan mendukung pendiriannya dengan bukti-bukti yang kuat.

"Kekhawatiran telah muncul di Bangladesh bahwa banjir yang terjadi saat ini di distrik-distrik di sepanjang perbatasan timur mungkin disebabkan oleh pembukaan Bendungan Dumbur di hulu Sungai Gumti di Tripura. Namun, klaim ini secara faktual tidak benar," kata Kementerian Luar Negeri (MEA).

Sungai Gumti mengalir melalui negara bagian Tripura di timur laut India sebelum memasuki Bangladesh. Bendungan Dumbur, yang terletak di Tripura, terletak lebih dari 120 km di hulu dari perbatasan Bangladesh, jelas MEA.

Namun, banjir yang menyebabkan malapetaka di Bangladesh disebabkan oleh air dari daerah tangkapan air yang besar di hilir bendungan, tambahnya.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait