Peristiwa

Barat tingkatkan sanksi, Inggris hentikan semua penerbangan ke Iran

Perdana Menteri Inggris Sir Keir Starmer telah menjelaskan bahwa pemerintah Inggris akan terus mendukung Ukraina selama diperlukan.

Rabu, 11 September 2024 07:40

AS, Inggris, Prancis, dan Jerman telah memberlakukan sanksi baru terhadap Iran karena memasok rudal balistik kepada Rusia untuk digunakan di Ukraina.

Langkah-langkah tersebut meliputi pembatasan kemampuan maskapai nasional Iran Air untuk terbang ke Inggris dan Eropa, serta larangan perjalanan dan pembekuan aset terhadap sejumlah warga Iran yang dituduh memfasilitasi dukungan militer untuk Rusia.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang berkunjung ke London mengatakan bahwa pasukan Iran telah melatih warga Rusia untuk menggunakan rudal balistik jarak pendek dan rudal tersebut dapat dikerahkan untuk melawan Ukraina dalam beberapa minggu.

Iran telah berulang kali membantah telah memasok senjata yang dapat diarahkan sendiri tersebut kepada Rusia.

Dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy pada hari Selasa, Blinken menegaskan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin "semakin mengandalkan dukungan" bagi Iran dan Korea Utara untuk membantu "melakukan perang agresi terhadap Ukraina" yang melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait