Peristiwa

Belgia mundur dari triatlon estafet karena takut berenang di Sungai Seine

Pejabat Swiss mengatakan Sabtu bahwa atlet triatlon Adrien Briffod, yang juga berkompetisi di Seine pada Rabu, jatuh sakit.

Senin, 05 Agustus 2024 08:03

Komite Olimpiade Belgia mengumumkan bahwa mereka akan menarik timnya dari triatlon estafet campuran di Olimpiade Paris setelah salah satu pesertanya yang berenang di Sungai Seine jatuh sakit.

"Claire Michel, yang berkompetisi dalam triatlon putri pada hari Rabu, sayangnya sakit dan harus mengundurkan diri dari kompetisi," kata Komite Olimpiade dan Antar-federal Belgia dalam sebuah pernyataan, Minggu (4/8). 

Penyelenggara Paris 2024 belum memberikan pernyataan langsung tentang penyakit Michel, tetapi mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu malam bahwa triatlon estafet campuran akan dilanjutkan pada hari Senin pukul 8 pagi. Bagian renang dari kompetisi tersebut dijadwalkan di Sungai Seine. 

Pernyataan komite Belgia tidak menjelaskan lebih lanjut tentang penyakit Michel tetapi pernyataan itu muncul setelah munculnya kekhawatiran atas kualitas air sungai.  Penyelenggara mengatakan bahwa uji kualitas air yang dilakukan pada hari perlombaan triatlon individu menunjukkan kadar bakteri yang "sangat baik". 

Pada Minggu malam, perwakilan dari World Triathlon dan Komite Olimpiade Internasional beserta penyelenggara Olimpiade Paris dan otoritas regional serta cuaca meninjau uji air. Disebutkan bahwa hasilnya menunjukkan kualitas air di lokasi triathlon telah membaik selama beberapa jam terakhir dan akan berada dalam batas yang diamanatkan oleh World Triathlon.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait