Peristiwa

Bentrok Tual dan musabab "sumbu pendek" korps Brimob

Ini bukan kali pertama personel Brimob bikin rusuh.

Rabu, 31 Juli 2024 12:01

Bentrokan antara personel Brigade Mobil (Brimob) dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polri pecah di Kota Tual, Maluku, Minggu (28/7). Diwarnai suara letusan senjata, bentrok antara dua satuan kepolisian itu sempat bikin Tual mencekam.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Aris Aminullah mengungkap pemicu bentrok ialah razia kendaraan yang digelar personel Satlantas Polres Tual sehari sebelumnya. Dalam razia tersebut, petugas Satlantas mengamankan salah satu motor yang diduga milik anggota Brimob.

"Ada yang diamankan, sementara ada yang kabur. (Yang kabur) memberi tahu teman-teman mereka. Sebanyak 30 orang lalu menyerang polisi. Indikasinya ada anggota Brimob," ujar Aris kepada wartawan, Senin (29/7).

Di depan Gereja Maranatha, Tual, personel dari kedua satuan itu saling serang. Akibat bentrokan, kaca jendela Polres Tual pecah. Terlihat dinding kantor Polres Tual tertembus peluru. Sejumlah sepeda motor milik anggota Polres rusak.

Bentrok di Tual, menurut pengamat kepolisian Bambang Rukminto mengindikasikan ada yang salah di tubuh korps Brimob. Pasalnya, itu bukan kali pertama personel Brimob bikin onar, entah itu menyerang warga sipil atau sesama personel kepolisian. 

Immanuel Christian Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait