Peristiwa

Bentrokan hebat membuat negara bagian India cabut akses internet

Di distrik Thoubal pada Senin, polisi mengatakan massa besar "mengalahkan personel yang bertugas", merampas senjata, dan menembaki polisi.

Rabu, 11 September 2024 08:15

Layanan internet dan data seluler dihentikan selama lima hari dan jam malam tanpa batas waktu diberlakukan di beberapa bagian negara bagian Manipur di timur laut India pada hari Selasa. Langkah ini diambil setelah protes mahasiswa atas pertikaian etnis yang terus berlanjut berubah menjadi kekerasan.

Setelah jeda singkat, pertempuran pecah antara komunitas mayoritas Meitei dan minoritas Kuki pada tanggal 1 September dan beberapa serangan melibatkan penggunaan pesawat tanpa awak untuk menjatuhkan alat peledak, yang menewaskan warga sipil. Polisi mengatakan mereka menduga bahwa pesawat tanpa awak tersebut digunakan oleh militan Kuki, klaim yang dibantah oleh kelompok Kuki.

Ratusan mahasiswa Meitei turun ke jalan pada hari Senin untuk memprotes serangan pesawat tanpa awak, menyerukan perubahan dalam kepemimpinan "komando terpadu" negara bagian yang mengawasi keamanan.

Para pengunjuk rasa melemparkan batu dan botol plastik di depan gerbang utama kediaman gubernur negara bagian, kata polisi dalam sebuah pernyataan. Polisi menggunakan gas air mata dan granat kejut untuk membubarkan massa dan sekitar 45 pengunjuk rasa mengalami luka ringan, kata seorang petugas polisi.

Saat protes meluas hingga Selasa, pemerintah setempat memberlakukan jam malam di Lembah Imphal dan distrik-distrik sekitarnya serta menangguhkan layanan internet di lima distrik lembah.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait