Peristiwa

Berlian terbesar kedua di dunia ditemukan di Botswana

“Dengan berlian sebesar ini, saya dapat melihat jalan-jalan dibangun,” kata Masisi, saat berpose untuk difoto dengan batu besar tersebut.

Jumat, 23 Agustus 2024 11:03


Berlian besar seberat 2.492 karat - terbesar kedua di dunia - telah ditemukan di Botswana. Perusahaan tambang Kanada yang menemukan batu tersebut mengumumkan pada 22 Agustus.

Berlian tersebut ditemukan di Tambang Berlian Karowe di timur laut Botswana menggunakan teknologi deteksi sinar-X, kata Lucara Diamond Corporation dalam sebuah pernyataan.

Lucara tidak memberikan perkiraan nilai temuan tersebut. Dalam hal karat, batu tersebut berada di urutan kedua setelah Berlian Cullinan seberat 3.016 karat yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905.

"Kami sangat gembira dengan penemuan berlian 2.492 karat yang luar biasa ini," kata presiden Lucara William Lamb, dalam pernyataan tersebut.

"Penemuan ini adalah salah satu berlian kasar terbesar yang pernah ditemukan" dan dideteksi menggunakan teknologi Mega Diamond Recovery X-ray milik perusahaan yang dipasang pada tahun 2017 untuk mengidentifikasi dan mengawetkan berlian besar dan bernilai tinggi," kata pernyataan tersebut.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait