Peristiwa

Biden percaya gencatan senjata Israel-Hizbullah lebih mudah dari Hamas

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer mengatakan sekutu sedang berupaya meredakan ketegangan di kawasan itu.

Sabtu, 19 Oktober 2024 17:39

Presiden AS Joe Biden lebih percaya diri melihat peluang gencatan senjata antara Israel dan Hizbullah. Menurut dia merundingkannya bisa lebih mudah daripada mengupayakan gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

"Menurut pandangan saya dan rekan-rekan saya, ada peluang bahwa kita mungkin dapat menangani Israel dan Iran dengan cara yang mengakhiri konflik untuk sementara waktu," katanya.

"Kami pikir ada kemungkinan untuk mengupayakan gencatan senjata di Lebanon. Dan itu akan lebih sulit di Gaza. Namun kami sepakat bahwa harus ada hasil."

Biden mengatakan ia membahas cara ke depan untuk mengakhiri konflik Timur Tengah setelah terbunuhnya pemimpin Hamas Yahya Sinwar di Gaza dengan Perdana Menteri Inggris Keir Starmer, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz selama pertemuan mereka di Berlin pada hari Jumat.

Namun, Biden menolak mengatakan apakah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberinya jaminan dalam panggilan telepon mereka pada hari Kamis setelah konfirmasi kematian Sinwar bahwa Israel siap untuk kembali berunding mengenai kesepakatan penyanderaan dan gencatan senjata.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait