Peristiwa

Di balik keindahan Pulau Pari, ada tantangan abrasi yang mengintai

Ada tiga pantai andalan wisata di Pulau Pari yang terancam rusak akibat abrasi, yakni Pantai Pasir Perawan, Bintang, dan Rengge

Rabu, 10 Juli 2024 16:00

Pulau Pari yang terletak di Kepulauan Seribu, di lepas pantai utara Jakarta, adalah satu di antara ratusan pulau yang ada Indonesia, yang terkenal sebagai kawasan wisata dengan panorama pantai yang menakjubkan.

Namun sayangnya, sejak lama Pulau Pari telah terdampak oleh krisis iklim. Pulau Pari semakin sering dihantam banjir rob, kenaikan air laut, cuaca ekstrem, serta tingginya gelombang. Semuanya telah memperburuk kehidupan sosial ekonomi masyarakat Pulau Pari. 

Salah seorang warga Pulau Pari, Mustaghfirin alias Bobby menuturkan, ada tiga pantai andalan wisata di Pulau Pari yang terancam rusak akibat abrasi, yakni Pantai Pasir Perawan, Bintang, dan Rengge di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.

“Abrasi sudah membuat pantai terkikis enam sampai delapan meter,” ujarnya pada Senin (8/7/2024).

Menurut Bobby, paling parah terlihat di Pantai Rengge dan Bintang, yang terletak di ujung barat dan timur pulau. Puluhan pohon cemara laut mati terendam air laut yang menggerus daratan.

Annisa Rahmawati Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait