Peristiwa

Gol bunuh diri ke-10 di Euro 2024 hentikan laju Turki

Turki harus tersingkir karena salah satunya gol bunuh diri Muldur.

Minggu, 07 Juli 2024 07:03

Belanda mencetak dua gol di babak kedua dalam tempo tujuh menit setelah sempat tertinggal dari Turki. Hasil ini mendorong mereka ke pertandingan semifinal Euro 2024 versus Inggris yang mengalahkan Swiss lewat adu penalti. 

Samet Akaydın membuat Turki unggul di babak pertama tetapi sundulan Stefan de Vrij menyamakan kedudukan bagi Belanda dan Mert Müldür mencetak gol bunuh diri di bawah tekanan Cody Gakpo pada menit ke-76. Belanda pun menang 2-1. 

Menjelang pertandingan perempat final di Berlin dibayangi oleh pertikaian diplomatik antara Turki dan Jerman setelah pahlawan babak 16 besar mereka Merih Demiral dilarang tampil di dua pertandingan karena melakukan penghormatan kontroversial.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan menghadiri pertandingan di Olympiastadion, bersama dengan puluhan ribu penggemar yang menyambut setiap periode penguasaan bola Belanda dengan rentetan peluit.

Belanda mengatasi tekanan dari tribun penonton dan gaya energik Turki, serta banyaknya peluang di menit-menit akhir, untuk mencapai semifinal Euro untuk pertama kalinya sejak 2004.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait