Peristiwa

Iran pastikan tidak akan kirim pasukan ke Lebanon dan Gaza

Iran juga telah bersumpah untuk membalas pembunuhan Abbas Nilforushan.

Selasa, 01 Oktober 2024 07:03

Gembar-gembor Iran akan menyerang Israel, setelah pemimpin Hamas Ismail Haniyeh tewas dibunuh di Iran, sampai saat ini tidak terbukti. Iran juga mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan mengerahkan pasukan ke Lebanon atau Gaza untuk menghadapi Israel meski serangan Israel menargetkan sekutu-sekutunya di wilayah tersebut.

"Tidak perlu mengirim pasukan tambahan atau sukarelawan dari Republik Islam Iran," kata juru bicara kementerian luar negeri Nasser Kanani, seraya menambahkan bahwa Lebanon dan para pejuang di wilayah Palestina "memiliki kemampuan dan kekuatan untuk mempertahankan diri dari agresi."

Israel dalam beberapa hari terakhir telah melancarkan serangan udara besar-besaran di Lebanon terhadap apa yang disebut "poros perlawanan," jaringan kelompok militan yang berpihak pada Iran di wilayah tersebut, termasuk di Suriah, Yaman, dan Irak.

Serangan Israel hari Jumat di Beirut menewaskan Hassan Nasrallah, kepala kelompok militan Lebanon Hizbullah yang telah dipersenjatai dan dibiayai Iran selama bertahun-tahun.

"Kami belum menerima permintaan apa pun dalam hal ini dari pihak mana pun. Sebaliknya, kami diberi tahu dan yakin bahwa mereka tidak membutuhkan bantuan pasukan kami," kata Kanani kepada wartawan di Teheran.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait