Peristiwa

Ishiba siap menjadi PM Jepang yang baru gantikan Fumio Kishida

Keterampilan kepemimpinannya akan diuji karena pertumbuhan ekonomi masih goyah.

Jumat, 27 September 2024 17:19

Mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba akan menjadi perdana menteri Jepang berikutnya setelah memenangkan pemilihan presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa pada hari Jumat dalam pemilihan putaran kedua. Ia mengalahkan Menteri Keamanan Ekonomi Sanae Takaichi.

Dalam pencalonan presiden kelimanya, Ishiba memperoleh 215 dari 414 suara yang diberikan oleh anggota parlemen LDP dan anggota biasa, sementara Takaichi memperoleh 194 suara, Kantor Berita Kyodo melaporkan.

Ishiba, 67 tahun, akan ditunjuk sebagai perdana menteri di parlemen pada hari Selasa mendatang, yang akan menjadi fokus ketika ia akan mengadakan pemilihan umum dengan membubarkan DPR yang berkuasa.

Pemimpin baru tersebut menghadapi tantangan untuk merombak partai yang tersengat skandal dana gelap dan memulihkan kepercayaan pemilih menjelang pemilihan nasional yang tidak lama lagi.

Keterampilan kepemimpinannya akan diuji karena pertumbuhan ekonomi masih goyah dengan latar belakang meningkatnya biaya yang memengaruhi rumah tangga, sementara tindakan provokatif oleh Tiongkok, Korea Utara, dan Rusia terus menimbulkan ancaman keamanan bagi Jepang.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait