Peristiwa

Israel klaim kalahkan Divisi Rafah Hamas di Gaza, siap alihkan pasukan serbu Hizbullah

Pejabat keamanan Israel baru-baru ini mengklaim bahwa sebagian besar target militer potensial di Gaza telah dihabisi.

Kamis, 22 Agustus 2024 11:29

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengklaim bahwa Divisi Rafah Hamas di Gaza telah dikalahkan. Ia pun kini mengisyaratkan bahwa militer mengalihkan fokusnya ke pertempuran melawan Hizbullah di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon.

Gallant menyampaikan pernyataan tersebut selama tur di Koridor Philadelphia, sebuah wilayah yang membentang di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir dan yang ingin dipertahankan Israel bahkan setelah gencatan senjata. 

Kementerian Pertahanan Israel merilis foto Gallant, mengenakan rompi antipeluru dan dikelilingi oleh komandan, di sebuah gedung Palestina yang telah direbut dan diubah menjadi markas oleh pasukan Israel.

Ia mengatakan bahwa Divisi 162 dari Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah "mengalahkan" Divisi Rafah Hamas. Selama serangan di kota paling selatan Gaza, IDF menghancurkan 150 terowongan, menurut angka yang diungkapkan oleh Gallant. Ia menambahkan bahwa sejumlah kecil terowongan tetap utuh dan ia telah memberikan perintah segera untuk menghancurkannya.

Pada bulan Mei, IDF melancarkan serangan darat besar-besaran di Rafah, sebuah kota di Gaza selatan yang telah ditetapkan sebagai zona aman dan melindungi lebih dari satu juta warga Palestina yang mengungsi.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait