Peristiwa

Megaproyek jembatan kereta di Kashmir, 'a game changer' bagi India

Wilayah Kashmir di Himalaya telah menjadi titik api antara India dan Pakistan selama beberapa dekade.

Kamis, 15 Agustus 2024 08:01

Jembatan rel lengkung tunggal tertinggi di dunia akan menghubungkan Kashmir yang dikelola India dengan wilayah lain di negara itu dengan kereta api. Ini adalah megaproyek India. Pertanyaannya, apa motivasi sesungguhnya di balik pembangunan jembatan itu. Kepentingan ekonomi atau militer negara. Yang jelas ada juga kekhawatiran warga lokal. Jembatan tersebut akan membuat pemerintah India lebih dalam mengendalikan lembah itu.

Butuh waktu lebih dari 20 tahun bagi rel kereta api India untuk menyelesaikan jembatan - di atas sungai Chenab - yang menjulang tinggi di atas jurang yang dalam di distrik Reasi, Jammu.

Proyek infrastruktur yang luar biasa ini 35 meter lebih tinggi dari Menara Eiffel dan kereta pertama di jembatan itu akan segera beroperasi antara daerah Bakkal dan Kauri.

Jembatan itu merupakan bagian dari jalur kereta api sepanjang 272 km yang tahan segala cuaca yang akan melewati Jammu, dan akhirnya akan mencapai lembah Kashmir (belum ada jadwal pasti untuk penyelesaiannya). Saat ini, jalur jalan menuju lembah Kashmir sering terputus selama bulan-bulan musim dingin ketika hujan salju lebat menyebabkan penyumbatan di jalan raya dari Jammu.

Para ahli mengatakan jalur kereta api baru itu akan memberi India keuntungan strategis di sepanjang wilayah perbatasan yang bermasalah itu.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait