Peristiwa

Jepang akhirnya berusaha serius meninggalkan floppy disk

Di kota selatan Tsuwano, departemen akuntansi baru mengganti floppy disk pada bulan April 2023.

Sabtu, 06 Juli 2024 08:33
Pernah dengar benda bernama cakram liuk. Kalau belum tahu mungkin ini yang lebih familiar: floppy disk. Kalau belum tahu juga, Anda bisa lihat 'save icon' di dunia perkomputeran. Itu lah bentuk floppy disk.
 
Floppy disk atau disket memiliki beberapa ukuran fisik dan kapasitas penyimpanan yang bervariasi tergantung pada jenisnya. Yakni, 8 Inch, dengan kapasitas penyimpanan sekitar 80 KB, hingga 1.2 MB. Ada juga yang berukuran 5.25 Inci dengan kapasitas penyimpanan awalnya sekitar 360 KB untuk versi double-sided double-density (DSDD), kemudian meningkat hingga 1.2 MB untuk versi high-density (HD).  
 
Yang terkecil berukuran 3.5 Inch. Kapasitas Penyimpanannya sekitar 720 KB untuk versi double-sided double-density (DSDD), kemudian meningkat hingga 1.44 MB untuk versi high-density (HD), dan mencapai 2.88 MB untuk versi extended-density (ED). Kapasitasnya sangat kecil dibanding dengan flash drive yang beredar saat ini.
 
Floppy disk, ditemukan pada tahun 1970an, pernah menjadi bagian komputasi yang ada di mana-mana. Bentuk memori lain seperti flash drive dan penyimpanan cloud internet telah mengambil alih fungsinya. Hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia floppy disk sudah menjadi barang elektronik 'yang dimuseumkan'. Tapi ternyata tidak di Jepang. 
 
Meskipun terkenal dengan raksasa elektronik konsumen, robot, dan beberapa jaringan broadband tercepat di dunia, negara ini masih menjalani kehidupan dengan floppy disk, mesin faks, dan uang tunai.
 
Jepang mulai beralih dari disk magnetik yang terbungkus plastik dua tahun yang lalu ketika Taro Kono, menteri digital negara tersebut, mendeklarasikan “perang terhadap floppy disk.”
 
Berbagai jenis bisnis – pertambangan, perusahaan minyak, pengecer, toko minuman keras, pusat perbelanjaan – terikat oleh peraturan berbeda yang mengharuskan mereka menyerahkan dokumen floppy disk kepada regulator.
 
Menurut Kementerian Digital Jepang, bahkan setelah Sony, yang pernah menjadi produsen utama disk untuk pasar Jepang, berhenti memproduksinya pada tahun 2011, lebih dari 1.000 undang-undang, tata cara, dan arahan yang mewajibkan floppy tetap berlaku.
 
Pada tanggal 3 Juli, Kono menyatakan kemenangan dalam perangnya. Semua peraturan tersebut telah ditinjau oleh anggota parlemen, mendapat komentar publik, dipilih dan dibatalkan, katanya.
 
Jepang menghapus semua peraturan yang mewajibkan penggunaan floppy disk untuk tujuan administratif pada minggu ini. Kebijakan ini dibuat untuk mengikuti perkembangan yang terjadi 13 tahun setelah produsen di negara tersebut memproduksi unit terakhir mereka.
 
Di luar pemerintahan, beberapa sektor di Jepang belum siap untuk melepaskan diri. Setiap hari, Higo Bank, di pulau Kyushu, memproses hampir 300 floppy disk, yang beratnya hampir 4 kg, menurut Yusuke Murayama, juru bicara bank tersebut.
 
Bank telah mencoba membujuk nasabah yang masih menggunakan disk untuk menyimpan informasi rekening bank mereka untuk mengganti format, dan mengatakan kepada mereka bahwa mereka akan berhenti menerimanya pada musim semi, katanya. 
 
Di dalam pemerintahan, pekerjaan Kono belum selesai. Dia telah mengindikasikan bahwa mesin faks, yang masih banyak digunakan di Jepang, sedang dalam pengawasannya. Dia merekomendasikan beralih ke email.
 
Di kota selatan Tsuwano, departemen akuntansi baru mengganti floppy disk pada bulan April 2023, kata Nobuyuki Koto, seorang pejabat di departemen tersebut, yang menambahkan bahwa dia melewatkan beberapa hal tentang sistem lama.
 
“Tidak ada risiko diretas,” katanya. “Sekarang kita harus berhati-hati tentang keamanan data,” imbuhnya.(straitstimes)

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait