Peristiwa

Kelompok Yahudi protes pendanaan genosida Israel di Gaza duduki Bursa Efek New York, 200 di tangkap

Para demonstran melampiaskan kemarahan mereka kepada kontraktor pertahanan dan produsen senjata Amerika.

Selasa, 15 Oktober 2024 12:18

Polisi menangkap lebih dari 200 demonstran pro-Palestina yang melakukan aksi duduk di luar Bursa Efek New York pada hari Senin (15/10). Mereka berunjuk rasa menuntut diakhirinya dukungan AS terhadap perang Israel di Gaza.

Para pengunjuk rasa, banyak dari mereka dari kelompok aktivis seperti Jewish Voice for Peace, meneriakkan "biarkan Gaza hidup" dan "hentikan pendanaan genosida" di depan gedung ikonik bursa tersebut di dekat Wall Street, di Manhattan bagian bawah.

Tak ada satu pun pengunjuk rasa yang masuk ke dalam bursa saham, tetapi puluhan orang melintasi pagar keamanan polisi yang didirikan di luar gedung utama di Broad Street.

Seorang juru bicara polisi mengatakan 206 orang ditangkap, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut. Kelompok-kelompok Yahudi yang terlibat dalam protes tersebut mengatakan sekitar 500 demonstran hadir. Bursa saham tidak segera memberikan komentar.

Para demonstran melampiaskan kemarahan mereka kepada kontraktor pertahanan dan produsen senjata Amerika. Yang lainnya meneriakkan slogan-slogan menentang serangan Israel di Lebanon, tempat Israel mengatakan bahwa mereka melancarkan perang terhadap militan Hizbullah yang didukung Iran.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait