Peristiwa

Kesehatan mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad memburuk

Mahathir yang berusia 99 tahun, yang menjabat sebagai perdana menteri selama lebih dari dua dekade, memiliki riwayat masalah jantung.

Rabu, 16 Oktober 2024 14:39

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dalam kondisi kesahatan yang buruk. Ia dirawat di rumah sakit karena infeksi pernapasan. Keadaan ini juga membuat mantan perdana menteri itu tidak hadir dalam sidang pengadilan dalam kasus pencemaran nama baik yang diajukannya.

Mahathir yang berusia 99 tahun, yang menjabat sebagai perdana menteri selama lebih dari dua dekade, memiliki riwayat masalah jantung dan telah menjalani operasi bypass. Dia telah keluar masuk rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir, dan terakhir dirawat di rumah sakit pada bulan Juli.

Mahathir seharusnya hadir di pengadilan pada hari Rabu untuk kasus pencemaran nama baik yang diajukannya terhadap wakil perdana menteri saat ini, tetapi media lokal melaporkan sidang ditunda setelah pengacaranya mengatakan dia telah dirawat di Institut Jantung Nasional.

Seorang ajudan Mahathir mengatakan kepada Reuters bahwa ia dirawat di rumah sakit pada Selasa malam karena batuk akibat infeksi saluran pernapasan bawah, dan akan menjalani cuti sakit hingga 25 Oktober.

Mahathir menjabat sebagai perdana menteri selama 22 tahun hingga 2003. Ia kembali menjabat sebagai perdana menteri pada 2018 setelah memimpin koalisi oposisi meraih kemenangan bersejarah, tetapi pemerintahannya runtuh dalam waktu kurang dari dua tahun karena pertikaian internal.(voa)

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait