Peristiwa

Label PSN pemicu konflik agraria era Jokowi

Sejak 2016, pemerintahan Jokowi telah menetapkan 233 PSN yang memakan anggaran hingga 6.000 triliun.

Senin, 22 Juli 2024 12:29

Di pengujung masa jabatannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengobral label proyek strategis nasional (PSN). Maret lalu, setidaknya ada 14 proyek yang dimasukkan ke dalam daftar PSN. Pemerintah berdalih proyek itu tak akan memakan anggaran negara karena dikembangkan perusahaan swasta. 

Proyek-proyek itu tersebar di berbagai daerah, semisal Pantai Indah Kapuk Tropical Concept di DKI, pengembangan Kawasan Industri Wiraraja Pulau Galang di Batam, Riau, Proyek North Hub Development Project Lepas Pantai di Kalimantan Timur dan pengembangan Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial Estate di Sulawesi Tengah. 

Dengan tambahan 14 PSN baru itu, total terdapat sebanyak 233 PSN yang dicanangkan pemerintahan Jokowi sejak 2016. Sebagian di antaranya belum rampung dan bermasalah hingga kini, semisal pembangunan Rempang Eco City di Batam, Riau serta pembangunan Bendungan Bener di Desa Wadas, Purwerojo, Jawa Tengah.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menargetkan 135 PSN bakal rampung pada Desember 2024. Ia mengklaim sisa 108 PSN yang tak rampung pada era Jokowi akan diteruskan oleh pemerintahan baru Prabowo Subianto. 

"Kalau yang sudah financial closing, tetep jalan," kata Airlangga kepada wartawan usai menghadiri acara peluncuran Geoportal One Map Policy 2.0 dan White Paper OMP Beyond 2024 di St. Regis, Jakarta Selatan, Kamis (18/7) lalu. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait