Peristiwa

Listrik di Kuba mendadak mati total pada Jumat

Kegagalan pembangkit listrik Antonio Guiteras berkapasitas 330 megawatt terjadi setelah pemadaman listrik bergilir selama berbulan-bulan.

Sabtu, 19 Oktober 2024 07:27

Jaringan listrik di pulau Kuba mati total pada hari Jumat (18/10). Pejabat pemerintah mengumumkan 'mati lampu' itu akibat gangguan pada pembangkit listrik utama di sebelah timur Havana.

Setelah penghentian tak terduga Pembangkit Listrik Termoelektrik Antonio Guiteras di Matanzas, sistem kelistrikan nasional negara komunis itu "terputus total" pada pukul 11 ​​pagi waktu setempat, Kementerian Energi dan Pertambangan Kuba mengumumkan dalam sebuah posting di platform media sosial X.

Para pejabat mengatakan Serikat Listrik Kuba "sedang berupaya memulihkannya."

Perdana Menteri Kuba Manuel Marrero Cruz menyatakan dalam unggahan media sosial, pimpinan tertinggi pemerintah berupaya untuk menyelesaikan keadaan darurat energi sesegera mungkin, seraya menambahkan, Kami tidak akan beristirahat sampai keadaan ini dipulihkan.

Pada pukul 5 sore EDT, kementerian energi melaporkan telah memulihkan sebagian transmisi gas alam, yang digunakan untuk memasok pembangkit listrik termoelektrik yang tidak beroperasi. Jaringan listrik mikro juga dipulihkan di beberapa lokasi, termasuk Guantanamo dan Granma.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait