Peristiwa

Mantan ajudan gubernur New York didakwa karena jadi agen Tiongkok

Kantornya memecat Sun pada bulan Maret 2023 setelah menemukan bukti pelanggaran.

Rabu, 04 September 2024 11:30

Mantan ajudan Gubernur New York Kathy Hochul didakwa pada hari Selasa dengan diam -diam bertindak sebagai agen pemerintah Cina. Linda Sun, 41, dan suaminya Chris Hu, 40 dituduh mendapatkan imbalan jutaan dolar sebagai kompensasi dan hadiah, termasuk makanan bebek gourmet, atas jasa rahasianya itu.

Linda Sun dan Chris Hu mengaku tidak bersalah atas tuduhan kriminal di hadapan Hakim Hakim AS Peggy Kuo di Brooklyn, setelah ditangkap pada Selasa pagi.

Jaksa federal di Brooklyn mengatakan bahwa ketika bekerja di pemerintahan negara bagian, Sun memblokir perwakilan pemerintah Taiwan untuk bertemu dengan para pejabat, dan berusaha mengatur pejabat negara bagian New York tingkat tinggi untuk mengunjungi Cina.

Sebagai gantinya, perwakilan pemerintah Cina diduga mengatur jutaan dolar dalam transaksi untuk HU, yang memiliki kegiatan bisnis di Cina.

Jaksa penuntut mengatakan Sun dan Hu menggunakan uang untuk membeli mobil sport Ferrari Roma 2024, serta properti di Long Island di New York dan di Honolulu senilai sekitar US$ 6 juta, kata jaksa penuntut.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait