Peristiwa

Mantan Menteri Keamanan Meksiko divonis 38 tahun penjara karena bantu kartel narkoba

Garcia Luna menerima suap jutaan dolar dari Kartel Sinaloa untuk memungkinkan pengiriman narkotika lewat dengan aman.

Kamis, 17 Oktober 2024 12:29

Mantan pejabat tinggi keamanan Meksiko Genaro Garcia Luna dijatuhi hukuman lebih dari 38 tahun di penjara AS pada hari Rabu (16/10). Ia dituduh membantu kartel narkoba yang seharusnya dibubarkannya.

Garcia Luna, 56 tahun, dinyatakan bersalah dalam persidangan tingkat tinggi di New York tahun lalu karena menerima suap jutaan dolar untuk memungkinkan Kartel Sinaloa menyelundupkan berton-ton kokain.

Hakim Distrik Brian Cogan menjatuhkan hukuman 460 bulan penjara dan denda US$2 juta kepada Garcia Luna, yang menjabat sebagai sekretaris keamanan publik di bawah presiden Felipe Calderon dari tahun 2006 hingga 2012, dalam sidang di pengadilan federal di Brooklyn. Sementara, Jaksa telah meminta hukuman seumur hidup untuk Luna.

"Vonis hari ini terhadap Genaro Garcia Luna merupakan langkah penting dalam menegakkan keadilan dan supremasi hukum," kata Jaksa AS Breon Peace dalam sebuah pernyataan.

"Pengkhianatannya terhadap kepercayaan publik dan orang-orang yang seharusnya ia lindungi mengakibatkan lebih dari satu juta kilogram narkotika mematikan diimpor ke masyarakat kita dan memicu kekerasan yang tak terhitung di sini dan di Meksiko," kata Peace.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait