Peristiwa

Mantan Menteri Kesehatan Albania Ditangkap

SPAK juga meminta penahanan atas proses yang sedang berlangsung terhadap Beqaj yang dimulai pada awal tahun 2023.

Jumat, 05 Juli 2024 21:09

Pihak berwenang Albania menangkap mantan Menteri Kesehatan Ilir Beqaj pada hari Kamis (4/7).  Beqaj dituduh menyalahgunakan dana Uni Eropa melalui korupsi, penipuan, penyembunyian pendapatan, dan penyalahgunaan jabatan. Jika terbukti bersalah, dia terancam hukuman 26 tahun penjara.

Beqaj, yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan Albania dari tahun 2013 hingga 2017, diduga mendalangi prosedur pengadaan fiktif dalam setidaknya delapan kompetisi tender untuk proyek-proyek yang dibiayai UE di Albania, di bawah Instrumen Bantuan Pra-aksesi (IPA), Kantor Kejaksaan Khusus (SPAK).

Investigasi SPAK menuduh Beqaj menyalahgunakan dana UE selama masa jabatannya di Badan Negara untuk Koordinasi Pemrograman Strategis dan Bantuan (SASPAC), yang didirikan pada Oktober 2021 untuk mengawasi program keuangan nasional dan regional UE.

SPAK juga meminta penahanan atas proses yang sedang berlangsung terhadap Beqaj yang dimulai pada awal tahun 2023.

Penyelidik menemukan bahwa selama kepemimpinan Beqaj, SASPAC mengeluarkan faktur palsu untuk layanan yang tidak lengkap, yang dianggap sebagai pengeluaran yang sah. Faktur ini dilaporkan melibatkan rekan dekat Beqaj, termasuk pejabat SASPAC, kontak bisnis, dan individu dari organisasi nirlaba.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait