Peristiwa

Menjadi tua di Kilifi maka siap-siap dituduh dukun dan dibunuh

Orang-orang lanjut usia ini berada di Kilifi, di mana, pada tahun 2023, 138 orang terbunuh hanya dalam waktu dua tahun.

Senin, 08 Juli 2024 22:00

“Saya tidak dilahirkan seperti ini. Dia melukai saya karena dituduh melakukan sihir,” kata seorang lelaki tua yang tangannya hilang dan matanya dipenuhi kesedihan mendalam.

Dia kehilangan tangannya ketika seseorang mencoba membunuhnya, menuduhnya sebagai penyihir. Dengan menggunakan tunggul lengan kanannya, dia menyeka air matanya.

Seorang lelaki tua lainnya membaca sepucuk surat yang ditujukan kepadanya yang berbunyi, “Kamu diundang ke alam kubur di neraka. Kematianmu akan terjadi pada tanggal yang tidak diketahui dalam beberapa hari ke depan.”

Orang-orang lanjut usia ini berada di Kilifi, di mana, pada tahun 2023, 138 orang terbunuh hanya dalam waktu dua tahun, lebih dari satu orang terbunuh setiap minggunya, menurut Haki Yetu, sebuah organisasi hak asasi manusia, yang menerbitkan laporan tentang ilmu sihir dan pelecehan terhadap orang lanjut usia.

Hal ini terungkap dalam penyelidikan baru oleh BBC Africa Eye, yang mengungkap kasus pembunuhan dan penyerangan terhadap orang lanjut usia setelah dituduh melakukan sihir di Kilifi.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait