Peristiwa

Menteri Agama dipecat karena kematian jemaah haji

Setidaknya 200 jamaah haji telah meninggal selama ibadah haji tahun ini, menurut perkiraan resmi dari Yordania, Tunisia, Iran dan Indonesia.

Sabtu, 22 Juni 2024 10:55

Presiden Tunisia Kais Saied memecat menteri agama, kata kepresidenan dalam sebuah pernyataan, Jumat (21/6). Pemecatan ini terjadi, setelah 49 warga Tunisia dilaporkan tewas sejauh ini dalam ibadah haji 2024 di Arab Saudi.

"Presiden memutuskan untuk mengakhiri tugas Ibrahim Chaibi, menteri agama," kata pernyataan yang diposting di Facebook tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pada hari Selasa, Kementerian Luar Negeri Tunisia melaporkan kematian 35 jamaah haji Tunisia, namun sejauh ini jumlahnya telah meningkat menjadi 49 orang, menurut media Tunisia.

Kementerian Tunisia tidak merinci apakah kematian tersebut terkait dengan suhu tinggi, dan menambahkan bahwa sebagian besar korban tewas telah melakukan perjalanan ke Arab Saudi dengan visa turis dan di luar program ziarah resmi pemerintah Saudi.

Setiap tahun, izin resmi dialokasikan ke negara-negara melalui sistem kuota dan didistribusikan kepada individu melalui undian.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait