Peristiwa

Netanyahu ingin pengaruhi Pemilu AS lewat isu gencatan senjata?

Beberapa politisi Demokrat telah menyuarakan kekhawatiran bahwa Netanyahu mengabaikan seruan presiden AS.

Sabtu, 05 Oktober 2024 09:58

Melihat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menunda-nunda kesepakatan gencatan senjata Gaza, sebuah kecurigaan muncul. Apakah sikap itu sebagai langkah Netanyahu mempengaruhi Pemilihan Umum AS bulan depan?  Ditanya soal ini, Presiden AS Joe Biden mengaku tidak yakin itu yang sedang terjadi. 

"Apakah dia mencoba memengaruhi pemilihan umum, saya tidak tahu - tetapi saya tidak mengandalkan itu," kata Biden saat saat tampil mendadak di jumpa pers Gedung Putih pada hari Jumat (4/10) 

Biden kemudian mengarahkan beberapa kata singkat kepada sekutu lamanya itu. "Tidak ada pemerintahan yang telah membantu Israel lebih dari saya. Tidak ada, tidak ada, tidak ada," katanya. "Dan saya pikir [Netanyahu] harus mengingatnya."

Beberapa politisi Demokrat telah menyuarakan kekhawatiran bahwa Netanyahu mengabaikan seruan presiden AS untuk merundingkan gencatan senjata dan kesepakatan pembebasan sandera untuk merusak peluang partai pada bulan November.

"Saya rasa Anda tidak perlu menjadi orang sinis yang putus asa untuk menganggap beberapa tindakan Israel, beberapa tindakan Perdana Menteri Netanyahu, terkait dengan pemilihan umum Amerika," kata Senator Demokrat Chris Murphy mengatakan kepada CNN awal Minggu ini.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait