Peristiwa

Netanyahu: Iran buat kesalahan besar, dan akan membayarnya

Sementara itu, tokoh-tokoh di masyarakat internasional terus menyerukan de-eskalasi.

Rabu, 02 Oktober 2024 08:20

PM Israel berjanji akan melakukan pembalasan setelah serangan rudal Iran di wilayah Israel. Uni Eropa dan PBB telah mendesak deeskalasi di wilayah tersebut. Iran sendiri menyebut serangan itu sebagai tindakan bela diri.
 
Menteri Luar Negeri Iran Seyed Abbas Araghchi menggambarkan peluncuran rudal hari Selasa sebagai tindakan yang sesuai dengan hukum PBB.

"Sebelumnya malam ini, kami melakukan pembelaan diri berdasarkan Pasal 51 Piagam PBB, yang hanya menargetkan lokasi militer dan keamanan yang bertanggung jawab atas genosida di Gaza dan Lebanon," tulisnya di X.

Istilah "genosida" telah ditentang oleh Israel sehubungan dengan kegiatannya di Timur Tengah, dengan Israel mengatakan bahwa mereka berhati-hati untuk melindungi kehidupan sipil dalam operasi militernya.

Meskipun Iran sebelumnya menuduh Israel melakukan serangan di dalam wilayah Iran, sebagian besar serangan Israel baru-baru ini ditujukan terhadap kelompok-kelompok yang didukung Iran, seperti Hizbullah di Lebanon.

Araghchi mengatakan bahwa Teheran melakukan "pengekangan yang luar biasa" untuk "memberikan ruang bagi gencatan senjata di Gaza."

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait