Peristiwa

Panitia acara keagamaan yang tewaskan ratusan orang menyerahkan diri

pengacara pendeta Bhole Baba yang memimpin jemaah tersebut, mengatakan bahwa Madhukar telah menyerahkan diri kepada polisi.

Selasa, 09 Juli 2024 07:17

Ketua penyelenggara pertemuan keagamaan di India utara yang berlangsung ricuh dan menewaskan 121 orang menyerahkan diri kepada polisi. Yang masih jadi perdebatan adalah mengapa bisa jatuh korban dalam peristiwa itu.

Insiden di negara bagian Uttar Pradesh pekan lalu adalah salah satu bencana paling mematikan di negara ini dalam lebih dari satu dekade. Hampir semua korban tewas adalah perempuan dan anak-anak yang sedang menghadiri Satsang, sebuah pertemuan keagamaan Hindu.

Kekacauan pun terjadi di penghujung acara yang penuh sesak manusia itu karena banyak dari mereka yang bergegas menuju Bhole Baba, tokoh agama yang memimpin pertemuan itu saat ia hendak berangkat dengan mobilnya.

Tragedi ini telah memicu kemarahan di India, yang menimbulkan pertanyaan tentang kesalahan dalam langkah-langkah keamanan dan manajemen kerumunan.

Pada hari Kamis, polisi mengatakan mereka telah menangkap enam orang yang merupakan bagian dari kelompok yang mengorganisir acara tersebut di distrik Hathras, Uttar Pradesh.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait